Prosedur Perawatan Dokter Ortopedi yang Biasanya Dilakukan

Salah satu alasann berobat ke luar negeri karena kurang peralatan pendukung dengan spesifikasi mumpuni Hp. 081277361440

0
21
Prosedur Perawatan Dokter Ortopedi yang Biasanya Dilakukan

MalayHealth – Secara umum prosedur perawatan dokter ortopedi yang biasanya dilakukan itu sama, termasuk juga di rumah sakit Malaysia. Tapi memang untuk metode perawatan bedah atau operasi, tidak semua dokter mampu mengatasi.

Salah satu alasannya karena tidak adanya peralatan pendukung dengan spesifikasi mumpuni. Penting diingat bahwa setiap jenis penyakit tulang akan berbeda-beda cara penanganannya. Tidak semuanya harus ditangani dengan operasi.

Hubungi Kami : 0812 77361440

Pada kondisi tertentu, hanya memerlukan obat. Dengan berkonsultasi dengan dokter spesialis Malaysia melalui perwakilan di Indonesia yakni Malay Healty, akan membantu Anda menemukan perawatan paling tepat sesuai jenis penyakit yang sedang dialami.

Memahami Beberapa Prosedur Perawatan Dokter Ortopedi yang Biasanya Dilakukan

Secara umum, prosedur perawatan yang dilakukan oleh dokter ortopedi, termasuk di Malaysia dikelompokkan menjadi dua, yaitu tanpa operasi atau operasi. Supaya lebih paham mengenai jenis pengobatan kedua jenis ini, cermati pembahasan berikut:

Prosedur Perawatan Dokter Ortopedi yang Biasanya Dilakukan

  1. Tanpa Operasi

Prosedur perawatan dokter ortopedi di Malaysia pertama adalah tanpa operasi. Bukan hanya penyakit tulang, untuk jenis lainnya, kebanyakan pihak dokter akan memberikan saran supaya pasien melakukan perawatan tanpa operasi terlebih dahulu, seperti:

  • Pemberian Obat

Dokter biasanya akan memberikan resep untuk meredakan penyakit tertentu, seperti nyeri, infeksi maupun bengkak pada area otot, ligamen, sendi serta tulang. Umumnya, jenis obat yang diberikan termasuk pereda nyeri AINS atau kortikosteroid.

Baca JugaBeragam Persiapan Sebelum Berobat Penyakit Tulang di Malaysia

  • Terapi Fisik serta Memberikan Rekomendasi Gaya Hidup

Perawatan tanpa operasi berikutnya adalah terapi fisik serta memberikan rekomendasi gaya hidup untuk membantu proses penyembuhan. Dokter akan memberikan modifikasi pola makan serta kegiatan pasien supaya diterapkan.

  • Pemasangan Alat Medis

Dokter akan melakukan imobilisasi atau pemasangan alat medis (orthopedic braces, splints dan gips) ketika pasien mengalami cedera, seperti terkilir. Tujuannya supaya area yang mengalami sakit minim pergerakan dan cepat sembuh.

Prosedur Perawatan Dokter Ortopedi yang Biasanya Dilakukan

  1. Operasi

Jenis prosedur perawatan dokter ortopedi yang biasanya dilakukan kedua adalah operasi. Metode ini akan dilakukan bila tanpa operasi tidak mampu mengatasi dengan baik. Metode satu ini terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya:

  • Arthroscopy

Metode operasi arthroscopy memakai alat khusus bernama arthroscope. Bentuk alatnya seperti tali panjang dan dilengkapi dengan kamera terhubung layar. Jadi, nantinya dokter bisa membuka jaringan secukupnya, tidak terlalu besar.

Metode satu ini dilakukan dengan tujuan mendiagnosis gangguan pada bagian sendi. Selain itu juga bertujuan mengobati kondisi cedera yang mengakibatkan bagian ligamen sobek.

Baca Juga : Alasan Menjalani Pengobatan Penyakit Tulang di Malaysia

Anda bisa mendapatkan metode operasi ini melalui rumah sakit di Malaysia. Anda bisa menemukan rumah sakit terpercaya melalui perwakilan di Indonesia yakni Mitra Medis untuk Berobat ke Malaysia.

  • Arthroplasty

Selanjutnya adalah arthroplasty, operasi yang bertujuan mengganti bagian sendi memakai sendi buatan atau protesa. Biasanya bahan pembuatan sendiri ini dari gabungan logam dan plastik.

  • Patah Tulang

Prosedur perawatan dokter ortopedi jenis operasi lainnya yaitu untuk mengatasi kondisi patah tulang. Pada situasi parah, dokter akan mengatasi permasalahan satu ini dengan melakukan operasi.

Seperti memasang sekrup, pin maupun kawat khusus. Tujuannya dari pemasangan benda-benda tersebut untuk menyeimbangkan posisi tulang sampai yang baru dapat tumbuh kembali.

  • Penyatuan Tulang Belakang atau Spinal Fusion

Spinal fusion atau penyatuan tulang belakang merupakan jenis operasi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tertentu. Diantaranya cedera leher, cedera bagian tulang belakang dan kondisi skoliosis.

  • Cangkok

Jenis operasi terakhir adalah cangkok tulang. Tujuannya memperkuat atau mengganti bagian tulang yang mengalami kerusakan akibat penyakit tertentu. Jenis yang dipakai untuk proses cangkok yaitu dari pendonor atau bagian lain tubuh pasien sendiri.

Bagi Anda yang ingin melakukan pengobatan penyakit tulang dengan dokter ortopedi di Malaysia berkualitas tapi masih ragu, hubungi saja Mitra Medis.

Temukan prosedur perawatan dokter ortopedi di Malaysia terbaik untuk permasalahan yang Anda alami melalui bantuan Malay Health atau hubungi kami di Telp/WA : 0812 7736 1440.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here